Skip to main content

Sisi Positif Globalisasi Dalam Dunia Kerja

Sisi Positif Globalisasi Dalam Dunia Kerja Septo Indarto
Abad ke 21 adalah abad persaingan global. Para manajer harus jeli melihat hal ini karena ini terjadi di seluruh dunia dan perusahaan-perusahaan-perusahaan sangat membutuhkan talenta-talenta pekerja yang mempunyai kompetensi yang bagus. Perusahaan-perusahaan besar kelas dunia tidak segan-segan akan memburu para pekerja yang berkualitas dari seluruh dunia. Para pekerja adalah aset utama perusahaan dalam menghadapi perubahan dan perkembangan yang begitu cepat di seluruh dunia. Karena persaingan semakin ketat dan kompetisi bisnis seperti sebuah predator yang saling memangsa satu sama lainnya. Persaingan akan berdarah-darah, satu perusahaan akan menghancurkan perusahaan yang lain. Itu yang telah kita lihat dalam dunia nyata. Tidak ada untuk bertahan dan semua perusahaan akan saling menyerang.
Bagi para pencari kerja ini adalah sebuah kesempatan yang sangat bagus untuk menunjukkan kualitas diri kita. Kita bisa menawarkan keahlian kita kepada mereka. Para manajer juga harus jeli melihat perubahan yang sedang terjadi.
Para kandidat bisa menceritakan mengenai apa kelebihan mereka kepada user dalam sesi wawancara dengan pihak departemen HRD. Satu hal yang tidak boleh kita lupakan kita harus menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa standar internasional dalam dunia kerja. Karena itu akan menjadi penentu keberhasilan kita di masa depan. Manajer juga harus mengetahui mengenai kemampuan berkomunikasi dari para staffnya, staff yang menguasai bahasa asing akan memberikan kontribusi yang besar dalam berkomunikasi dengan pihak asing dan juga dapat menetralisir ilmu ilmu baru yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Para manajer juga harus memberikan kesempatan kepada para pegawainya untuk mempelajari ilmu-ilmu baru sebagai pengembangan potensi diri.
Di samping itu kita bisa menceritakan juga kepada mereka pihak HRD mengenai proyek-proyek yang pernah dikerjakan di pekerjaan sebelumnya. Sehingga Anda bisa dijadikan kandidat yang kuat sebagai kandidat karyawan yang bisa bekerja di perusahaan tersebut. Sehingga akan membuat diri kita mempunyai nilai plus di mata mereka.
Apa yang Anda harus lakukan untuk menyiapkan diri Anda sebagai orang yang berkualitas dalam pekerjaan Anda.
1. Anda harus banyak belajar untuk terus memperbaiki skill Anda. Walaupun Anda telah lama bekerja jangan pernah lupa untuk selalu belajar dan belajar terus hal-hal yang baru. Ini akan membuat diri Anda menjadi orang yang sangat ahli di bidang pekerjaan Anda. Anda tentunya akan dinilai mempunyai kompetensi yang bagus. Jika perusahaan tempat Anda bekerja telah menilai Anda mempunyai kompetensi yang bagus maka ada dua keuntungan yang Anda akan raih yaitu: Pertama, Anda akan diberikan gaji yang lebih besar karena perusahaan telah merasa kontribusi Anda telah meningkatkan kinerja perusahaan. Kedua, Anda akan mendapatkan promosi jabatan ke level yang lebih tinggi sehingga tidak mustahil dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama Anda bisa menjadi seorang manajer di perusahaan tersebut.
2. Ciptakan networking sebanyak mungkin. Anda tidak boleh hanya mengenal teman-teman kerja di kantor Anda saja. Anda harus mengenal banyak orang di luar kantor. Anda bisa ikut sebuah kelompok komunitas yang dapat membantu Anda mengenal orang-orang baru dari berbagai latar belakang yang berbeda. Sehingga Anda bisa belajar banyak mengenai hal-hal baru dari mereka dan hal itu akan menambah wawasan Anda dan memperbanyak relasi Anda. Orang-orang baru secara tidak langsung akan membuka rejeki dan kesempatan baru kepada Anda. Misalnya Anda seorang yang ahli di bidang manajemen perusahaan.Maka salah satu relasi Anda membutuhkan keahlian Anda. Itu akan membuka sebuah pekerjaan baru untuk Anda dan mereka bisa menyewa diri Anda sebagai orang yang profesional. Jasa Anda sangat berguna bagi mereka dan Anda akan dinilai mempunyai kompetensi yang bagus di mata mereka.
3. Jangan Lupa Selalu Mempelajari Perkembangan Teknologi Terbaru. Teknologi akan memudahkan diri kita dalam bekerja. Hal yang paling sederhana kita bisa mengambil contoh yaitu sekitar 30 tahun yang lalu jika kita mau korespondensi antar kantor atau perusahaan kita harus mengetik banyak surat dengan mesin tik. Kita bisa membayangkan berapa besar waktu yang tersita untuk mengetik dan mengirimkan surat-surat tersebut ke alamat yang berbeda. Waktu sungguh banyak yang tersita untuk pekerjaan tersebut. Tetapi saat ini untuk korespondensi antar kantor atau perusahaan kita bisa mengirim banyak surat dengan mengirim melalui e-mail, WA, telegram dll kepada kontak yang di tuju ke kantor atau perusahaan lain hanya sekali kirim dalam satu kali pengiriman. Ini adalah sebuah contoh yang sederhana dari sebuah inovasi perkembangan teknologi yang mampu meningkatkan kinerja kita dan juga efisiensi waktu. Contoh lain adalah Google Map adalah aplikasi standar yang banyak digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia untuk menemukan sebuah alamat yang ingin kita tuju. Seorang marketing dari sebuah perusahaan asuransi ingin bertemu kliennya di sebuah tempat. Dia bisa menggunakan Google Map untuk menemukan tempat itu dan tidak akan kesasar dalam perjalanan. Karena Google Map akan menuntunnya sampai tiba di tempat tujuan dan bisa memperkirakan jarak tempuh dan waktu yang harus di tempuh ke tempat tujuan.

Comments

Popular posts from this blog

China Military Force

Pekerjaan Anda

Ketika Anda saat ini sedang bekerja dalam sebuah perusahaan maka banyak sekali pekerjaan harian yang Anda harus lakukan. Seringkali walaupun itu adalah pekerjaan harian atau rutinitas dan Job Descriptions dari atasan yang diberikan kepada Anda tetap membuat Anda lelah. Tentu untuk mencari solusinya hal tersebut sangat penting bagi diri Anda untuk menyelesaikan semua pekerjaan tersebut. Anda merasa lelah hal itu merupakan hal yang wajar karena manusia bukan sebuah robot. Ada satu hal yang Anda harus lakukan untuk mengatasi semua masalah untuk membuat diri Anda maju di tempat kerja Anda, ketika Anda sedang mengalami  kejenuhan dalam bekerja, mulailah menciptakan sebuah solusi yang sederhana untuk menyelesaikan pekerjaan Anda supaya lebih cepat dan efisien sehingga mampu menciptakan motivasi bagi diri Anda supaya bisa bekerja lebih baik dan dalam periode tertentu akan memberikan kepercayaan diri yang besar bagi diri Anda untuk menjadi orang yang sangat sukses dalam bidang pekerjaan Anda.

Hawaii Bali Hotel Advertisement Created by Septo Indarto