Skip to main content

Kita Memasuki Era Smartcar Septo Indarto #HRInnovative #Industry5.0

Kita Memasuki Era Smartcar
Septo Indarto #HRInnovative #Industry5.0

Dalam pengembangan teknologi otomotif Industri 5.0. Apakah anda pernah membayangkan diri anda pergi ke suatu tempat atau ke rumah teman dan anda tiba-tiba lelah kemudian tidak sengaja tidur di dalam mobil. Tetapi mobil terus berjalan secara otomatis karena komputer yang mengaturnya hingga sampai ke tempat tujuan dengan selamat. Mobil pintar akan anda lihat disekeliling anda dan anda akan membelinya. Ini bukan tulisan atau pengalaman penuh khayalan. Tetapi ini sudah di depan mata anda. Ya kita memasuki sebuah era baru mengendarai mobil pintar seperti kita menggunakan ponsel pintar.
Sebelumnya saya mengucapkan selamat datang ke era industri 5.0.
Perkembangan industri 5.0 akan memasuki era baru yaitu akan lebih banyak mobil pintar atau smartcar yang akan diproduksi dalam jumlah banyak. Keunggulan mobil pintar adalah mobil ini dapat berjalan sendiri tanpa adanya pengemudi di dalamnya. Mobil pintar berjalan dengan dipandu oleh program piranti lunak, teknologi jaringan 5G dan juga Wi-Fi 6 akan membantu mobil pintar dalam menjalankan perintah yang telah dikirim oleh user sebagai driver.
Penelitian dan pengembangan mobil pintar telah berlangsung selama 10 tahun. Banyak universitas di seluruh dunia telah mengadakan riset tentang pengembangan teknologi mobil pintar. Perusahaan-perusahaan teknologi otomotif seperti Tesla dan perusahaan teknologi Google juga telah berhasil menjalani kemajuan dalam mengembangkan mobil pintar tanpa pengemudi. Mobil pintar tanpa pengemudi akan segera diproduksi dalam jumlah banyak dan salah satu perusahaan yang paling siap memproduksi mobil pintar adalah Tesla dan juga manufaktur pendukungnya. Pengembangan teknologi 5G di Amerika Serikat akan mempermudah mobil pintar untuk berjalan di jalan raya. Karena mobil pintar di dukung oleh jaringan internet berkecepatan tinggi. Karena mobil pintar bekerja berdasarkan perintah sehingga membutuhkan software yang mampu menjalankan perintah dan juga internet kapasitas besar untuk menjalankannya.
Di dalam kabin mobil pintar yang diletakkan di dashboard ada sebuah panel layar besar sentuh yang berisi berbagai macam program dan juga untuk pengecekan kondisi mobil setiap saat. Sebagai contoh dalam kabin mobil Tesla layar besar sentuh digunakan untuk mengecek keadaan tenaga baterai dan juga kapasitas tenaganya atau daya. Sehingga driver bisa mengetahui kondisi mobil dan kondisi kapasitas baterainya. Jika kondisi Low atau rendah maka driver bisa mencari pengisian listrik terdekat. Pengisian ulang hanya membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit dan mobil bisa dipakai kembali untuk dikendarai.
Tesla saat ini terus melakukan riset pengembangan mobil listrik pintar dan akan menjual produknya secara massal ke seluruh dunia. Mobil pintar listrik jika di produksi secara massal akan turun harganya karena penjualan massal akan menurunkan biaya produksi.

Keuntungan dari mobil smartcar listrik adalah mobil bisa diperintah melalui suara atau smartphone untuk pergi ke tempat tujuan dengan otomatis berjalan sendiri. Contoh anda tinggal di kota tiba-tiba anda dapat kabar dari orang tua anda sedang sakit dan tinggal di desa. Anda baru pulang dari kantor dan merasa lelah. Anda harus segera datang ke rumah orang tua anda. Anda bisa memasukan tempat tujuan ke mana mobil harus berjalan dengan perintah suara atau melalui Smartphone. Setelah itu anda bisa beristirahat atau tidur di mobil. Mobil akan berjalan sendiri ke tempat tujuan. Tapi yang harus diperhatikan adalah akses kecepatan internet khususnya teknologi 5G harus merata supaya memudahkan mobil mencari peta jalan tercepat untuk pergi ke rumah orang tua anda.
Industri 5.0. HRInnovative. Septo Indarto

Comments

Popular posts from this blog

Pekerjaan Anda

Ketika Anda saat ini sedang bekerja dalam sebuah perusahaan maka banyak sekali pekerjaan harian yang Anda harus lakukan. Seringkali walaupun itu adalah pekerjaan harian atau rutinitas dan Job Descriptions dari atasan yang diberikan kepada Anda tetap membuat Anda lelah. Tentu untuk mencari solusinya hal tersebut sangat penting bagi diri Anda untuk menyelesaikan semua pekerjaan tersebut. Anda merasa lelah hal itu merupakan hal yang wajar karena manusia bukan sebuah robot. Ada satu hal yang Anda harus lakukan untuk mengatasi semua masalah untuk membuat diri Anda maju di tempat kerja Anda, ketika Anda sedang mengalami  kejenuhan dalam bekerja, mulailah menciptakan sebuah solusi yang sederhana untuk menyelesaikan pekerjaan Anda supaya lebih cepat dan efisien sehingga mampu menciptakan motivasi bagi diri Anda supaya bisa bekerja lebih baik dan dalam periode tertentu akan memberikan kepercayaan diri yang besar bagi diri Anda untuk menjadi orang yang sangat sukses dalam bidang pekerjaan Anda.

Hawaii Bali Hotel Advertisement Created by Septo Indarto

Dunia Kerja Di Era Masa Depan

  Dalam dunia kerja di masa depan ada kabar yang buruk bagi para pekerja dan juga pencari kerja dimana peran mereka sudah mulai digantikan oleh tenaga kerja robot. Kantor secara bertahap akan mulai menerapkan program robotisasi dari mulai bidang administrasi hingga di lapangan. Jadi memang dunia kerja sudah berubah total. Era tenaga kerja manusia dalam jumlah besar yang mempunyai kualifikasi bagus akan mulai banyak digantikan oleh robot Humanoid AI. Sejak tahun 2020 era kebangkitan mesin itu sudah mulai terasa apalagi pandemi covid-19 melanda diseluruh dunia yang menyebabkan mobilitas manusia banyak terhenti. Ini yang sudah diramalkan oleh para ahli Ekonomi dan juga ahli teknologi. Bahwa masa depan kehidupan manusia adalah era dimana mesin robot yang akan lebih mendominasi. Oleh karena itu sistem ekonomi baru sedang dipercepat pelaksanaanya yaitu membangun kehidupan di luar Bumi dengan membangun banyak infrastruktur penunjangnya. Walaupun masih banyak perdebatan saat ini. Kolaborasi a