Skip to main content

Pasar modern dan pasar 5.0

 

Pasar modern itu bukan pasar untuk menjadi general market atau pasar umum tetapi akan semakin terpecah karena adanya segmentasi pasar. Hal ini yang terjadi di era masyarakat industri-informasi. Masyarakat industri-informasi adalah masyarakat yang cerdas dan kritis. Mereka hanya ingin membeli sebuah produk jika produk yang mereka beli mempunyai nilai lebih yang bisa diberikan kepada mereka. Hal ini yang saat ini menjadi sebuah kondisi yang kita lihat saat ini. Mereka tidak berbicara harga karena mereka berbicara kebutuhan, nilai dan kebanggaan ketika membeli sebuah produk. Jadi ada sebuah nilai dan pengalaman yang membuat mereka merasa puas, nyaman dan wow feelings dalam menggunakan produk tersebut.

Di era industri 5.0 hal itu sudah diantisipasi oleh departemen pemasaran untuk mengeluarkan lebih banyak produk Custom yang sangat dibutuhkan oleh para konsumen karena mereka sangat menginginkan kualitas lebih dan juga nilai lebih yang ingin mereka rasakan sebagai pengguna produk dari produk yang mereka beli. Di era pasar 5.0 jika kita melihat pertumbuhan pasar dari mobil listrik, perusahaan-perusahaan otomotif dunia seperti Hyundai, Tesla, Polestar, Volvo dll memberikan sebuah produk yang sangat berbeda kepada para konsumen sebagai pengguna mobil listrik. Nilai lebih yang ditawarkan adalah inovasi teknologi yang ditawarkan ke dalam sebuah mobil pintar atau smart car dari produk-produk andalan mereka. Ini yang menjadi nilai lebih dari produk mobil listrik dibandingkan produk mobil konvensional atau mobil BBM.

Para produsen mobil listrik tidak hanya semata-mata hanya menawarkan produk mobil kepada konsumen, tetapi nilai teknologi dari mulai performa mesin, daya kapasitas baterai, lamanya charging hingga pengoperasian software dalam mobil untuk menunjang mobilitas pengguna mobil dalam aktivitas harian mereka. Bahwa tidak bisa dipungkiri bahwa mobil listrik menciptakan segmentasi pasar yang difokuskan untuk konsumen yang cerdas. Segmentasi pasar mobil listrik akan semakin berkembang dan menjadi besar. Di sini diperlukan kejelian dari para produsen mobil listrik untuk memahami konsumen yang membutuhkan nilai lebih untuk produk mobil listrik yang ingin mereka beli.

Septo Indarto
WA 0877 8301 2391.

Comments

Popular posts from this blog

Penggunaan Do You Know dan Did You Know

 "Do you know" dan "Did you know" memiliki perbedaan dalam penggunaan waktu dan maksud. 1. Do you know: digunakan untuk menanyakan apakah seseorang mengetahui sesuatu saat ini atau pada waktu sekarang. Contoh: Do you know where the nearest restaurant is? (Apakah kamu tahu di mana restoran terdekat sekarang?) 2. Did you know: digunakan untuk menanyakan apakah seseorang pernah mengetahui sesuatu di masa lalu atau memberi tahu mereka sesuatu yang mungkin baru bagi mereka. Contoh: Did you know that tigers can swim? (Apakah kamu tahu bahwa harimau bisa berenang?) Intinya, "do you know" lebih berkaitan dengan situasi sekarang, sementara "did you know" sering digunakan untuk memberi informasi atau memeriksa pengetahuan yang sudah ada di masa lalu.

Personal Branding Dalam Dunia Politik

Kisah Sedekah Dalam Islam

Sedekah, atau memberikan amal, adalah tindakan mulia dalam agama Islam yang sangat dihargai dan dianjurkan. Berikut adalah beberapa kisah inspiratif tentang sedekah dalam Islam: 1. Kisah Abu Bakar As-Siddiq Abu Bakar As-Siddiq, sahabat dekat Nabi Muhammad SAW, dikenal karena kemurahan hatinya. Suatu hari, ketika Nabi meminta para sahabatnya untuk memberikan sedekah untuk membiayai perang, Abu Bakar datang dengan seluruh harta kekayaannya. Nabi bertanya, "Apa yang kau tinggalkan untuk keluargamu?" Abu Bakar menjawab, "Aku tinggalkan Allah dan Rasul-Nya untuk mereka." 2. Kisah Utsman bin Affan Utsman bin Affan, sahabat Nabi Muhammad SAW, terkenal karena kedermawanannya. Saat Madinah mengalami kelaparan, Utsman membeli sebuah sumur dari seorang Yahudi dan menyumbangkannya untuk kepentingan umat Islam. Hal ini membuat umat Islam bisa mendapatkan air bersih secara gratis. 3. Kisah Seorang Wanita Peminta-minta Dalam sebuah hadits, diceritakan tentang seorang wanita yang d...