Skip to main content

Melawan Gosip Di Kantor

28 Februari 2012

Melawan Gosip di Kantor
Septo Indarto  

Gosip di kantor sering muncul tanpa diketahui penyebabnya, masalah-masalah yang digosipkan muncul dan bervariasi. Mulai dari gosip mengenai lingkungan kerja, kebiasaan seseorang sampai hubungan cinta. Ini adalah fakta yang kita hadapi sehari-hari, kadang-kadang kita malas untuk menanggapinya karena akan membuat kita stress dan menjadi beban pikiran kita sehingga menyebabkan produktivitas kerja kita menjadi turun. Gosip memang seperti virus yang dapat menyebar dengan cepat tanpa diketahui dengan jelas sumbernya. Karena setiap orang tidak akan pernah akan mengakui bahwa dia adalah pembuat gosip, gosip dalam jangka panjang jika tidak diselesaikan akan menyebabkan masalah menjadi besar dan akan menjadi konflik yang panjang sehingga menciptakan konflik dalam lingkungan kerja.
Apa yang kita harus lakukan ketika gosip menimpa diri kita? Hal yang paling sederhana adalah kita harus mengetahui hal apa yang digosipkan mengenai diri kita, jika kita mengetahui hal ini tidak benar kita bisa membantah semua gosip itu, melalui tindakan bahwa yang digosipkan adalah hal yang sama sekali tidak benar, karena gosip juga merupakan salah satu unsur politik kantor yang ditujukkan untuk menjatuhkan diri orang lain karena merasa kalah dalam persaingan dalam produktivitas.
Hal yang paling penting jika kita merasa kita tidak mampu menyelesaikan gosip tersebut, lebih baik kita bicara secara personal dengan atasan kita mengenai gosip yang berkembang di lingkungan kerja, ini penting karena menyangkut produktivitas kita dalam jangka panjang dan juga reputasi. Gosip adalah hal yang merusak, sayangnya banyak sekali orang yang percaya dengan gosip. Gosip dapat menyebabkan team work bekerja tidak sesuai dengan harapan, karena akan menciptakan konflik baru dan juga sikap curiga satu sama lain. Mari kita ciptakan budaya kerja yang sehat.

Comments

Popular posts from this blog

Pekerjaan Anda

Ketika Anda saat ini sedang bekerja dalam sebuah perusahaan maka banyak sekali pekerjaan harian yang Anda harus lakukan. Seringkali walaupun itu adalah pekerjaan harian atau rutinitas dan Job Descriptions dari atasan yang diberikan kepada Anda tetap membuat Anda lelah. Tentu untuk mencari solusinya hal tersebut sangat penting bagi diri Anda untuk menyelesaikan semua pekerjaan tersebut. Anda merasa lelah hal itu merupakan hal yang wajar karena manusia bukan sebuah robot. Ada satu hal yang Anda harus lakukan untuk mengatasi semua masalah untuk membuat diri Anda maju di tempat kerja Anda, ketika Anda sedang mengalami  kejenuhan dalam bekerja, mulailah menciptakan sebuah solusi yang sederhana untuk menyelesaikan pekerjaan Anda supaya lebih cepat dan efisien sehingga mampu menciptakan motivasi bagi diri Anda supaya bisa bekerja lebih baik dan dalam periode tertentu akan memberikan kepercayaan diri yang besar bagi diri Anda untuk menjadi orang yang sangat sukses dalam bidang pekerjaan Anda.

Dunia Kerja Di Era Masa Depan

  Dalam dunia kerja di masa depan ada kabar yang buruk bagi para pekerja dan juga pencari kerja dimana peran mereka sudah mulai digantikan oleh tenaga kerja robot. Kantor secara bertahap akan mulai menerapkan program robotisasi dari mulai bidang administrasi hingga di lapangan. Jadi memang dunia kerja sudah berubah total. Era tenaga kerja manusia dalam jumlah besar yang mempunyai kualifikasi bagus akan mulai banyak digantikan oleh robot Humanoid AI. Sejak tahun 2020 era kebangkitan mesin itu sudah mulai terasa apalagi pandemi covid-19 melanda diseluruh dunia yang menyebabkan mobilitas manusia banyak terhenti. Ini yang sudah diramalkan oleh para ahli Ekonomi dan juga ahli teknologi. Bahwa masa depan kehidupan manusia adalah era dimana mesin robot yang akan lebih mendominasi. Oleh karena itu sistem ekonomi baru sedang dipercepat pelaksanaanya yaitu membangun kehidupan di luar Bumi dengan membangun banyak infrastruktur penunjangnya. Walaupun masih banyak perdebatan saat ini. Kolaborasi a