Kehebatan
Jeff Bezos Dalam Membangun Amazon.com
Septo
Indarto
Jeff Bezos telah lama dikenal orang
sebagai pencinta buku dan sejak lama bermimpi mempunyai toko buku. Dia sejak
kecil telah dikenal sebagai orang yang pintar dalam pelajaran matematika, kemampuannya
dalam berhitung sejak kecil membawa dirinya menjadi salah satu programer hebat
di bidang komputer. Tapi disisi lain, dia adalah orang yang mempunyai kemampuan
hebat dalam berbisnis. Visinya tajam dalam memandang masa depan, dia selalu
ingin berbuat sesuatu yang berbeda, sesuatu yang inovatif, dan dia pekerja
keras untuk mewujudkan impian-impiannya.
Ketika dunia sudah mulai memasuki dunia
digital dan internet telah mengalami perubahan besar, bukan saja dikenal dan
digunakan sebagai alat pencari informasi untuk kebutuhan akademis. Jezz Bezos
mempunyai pandangan yang lebih maju, bahwa internet akan menjadi salah satu
kekuatan besar yang akan mengubah dunia dan perubahan tersebut juga akan
mengubah mengenai cara orang untuk berbisnis. Internet adalah dunia tanpa batas
dan hal itu tidak pernah terbayangkan sebelumnya.
Jeff Bezos mengawali bisnis amazon
dengan menjual buku di internet. Dia menawarkan pemesanan buku melalui
pelayanan online dengan harga yang lebih murah. Nama amazon diambil dari nama
sungai di Brasil yang merupakan sungai terbesar di Negara itu. Jeff Bezos
melihat sebuah cara baru untuk menawarkan dan menjual barang dengan menjangkau
pasar secara global. Selama lebih 15 tahun amazon berbisnis dan mulai
menampakan hasil. Amazon secara demi sedikit mampu menjadi pemain utama bukan
hanya di Amerika tetapi juga global dan mampu mengalahkan dominasi toko buku
Noble and Barnes.
Tetapi Jeff Bezos merasa tidak puas,
maka Amazon harus mempunyai skala bisnis yang lebih luas yaitu menjadi toko
online yang menyediakan apapun yang dibutuhkan orang, maka dengan konsep the
everything store, Jeff Bezos mampu membawa amazon menjadi pemain paling
diperhitungkan, disegani, ditakuti dan dihormati oleh para pesaingnya.
Amazon saat ini menjual semua barang
yang dibutuhkan oleh konsumen, mulai dari buku (yang dahulu menjadi inti bisnis
mereka), film, pakaian, kosmetik, baju, alat pertanian, elektronik, program
aplikasi, tv berbayar dan masih banyak lagi. Saat ini Amazon merupakan
brand yang paling berpengaruh di jagad internet dan mendominasi dalam penjualan
ritel, sehingga semua orang dapat dengan mudah untuk mengakses situs Amazon
diseluruh dunia.
Jeff Bezos juga tidak kenal lelah dalam
mengembangkan berbagai macam teknologi untuk memperkuat bisnis amazon. Jeff
Bezos dikenal sebagai orang yang selalu melihat ke masa depan. Dia adalah orang
yang pertama kali berani menggunakan robot untuk membantu staf di gudang
logistik dalam mempersiapkan produk yang akan di kirim ke konsumen. Amazon
sangat bekerja keras dalam mengembangkan teknologi Artificial Intelligence
dalam mendukung bisnis mereka untuk menciptakan efisiensi bisnis, sehingga
biaya operasional yang dikeluarkan sangat murah. Pengembangan Amazon Go adalah
bukti nyata bahwa teknologi dapat menciptakan banyak kemajuan dalam pelayanan jasa
kepada para pembeli. Amazon Go adalah toko tanpa kasir sehingga konsumen dapat
melayani diri mereka sendiri dan di setiap sudut toko di tempatkan sensor yang
melihat pergerakan konsumen dari mulai memilih produk yang akan di beli dan
juga pembayaran produk semua diintegrasikan ke dalam aplikasi yang dipunyai
oleh Amazon.
Penggunaan teknologi Drone juga sangat
membantu Amazon dalam mengirim paket-paket produk dengan cepat, sehingga
konsumen merasa puas dan nyaman. Penggunaan Drone mengangkat image Amazon
sebagai perusahaan ritel dan teknologi. Amzon tidak segan-segan untuk
menginvestasikan uang mereka untuk kebutuhan perusahaan dalam mencapai tahap
kepuasan dalam pelayanan dan efisiensi operasional perusahaan. Kita harus
bergerak maju itu untuk melangkah di depan dari para kompetitor itu yang selalu
dalam pikiran Jeff Bezos.
Comments
Post a Comment