Skip to main content

People Management Septo Indarto

People Management
Septo Indarto 
Ketika kompetisi antar perusahaan semakin ketat, maka Top Management menyadari mengenai sebuah arti penting dari peran People Management. Biasanya orang mengatakan bahwa People Management dikelola oleh Departemen HRD saja, sementara departemen yang lain tidak berhak untuk mencampuri urusan itu. Tetapi dalam kenyataannya setiap departemen selain departemen HRD juga harus mampu mengimplementasikan mengenai People Management, tujuannya supaya orang-orang yang berada dalam lingkar organisasi bisa bekerjasama satu sama lain ketika akan melakukan sebuah pekerjaan.
Para pemimpin perusahaan harus mampu untuk mengerti mengenai People Management, karena ini menyangkut bagaimana memimpin sebuah team work dalam perusahaan. People Management adalah salah satu seni managemen dan juga seni kepemimpinan. Anda sebagai seorang pemimpin perusahaan di haruskan belajar mengenai People Management, Anda diharuskan mengerti dengan benar karakter orang-orang disekeliling Anda, apa kebaikan mereka dan apa keburukan mereka, ini membutuhkan pandangan yang tajam dan jeli dan tidak mudah, kemampuan berkomunikasi adalah hal yang tepat untuk berdialog dengan team, apa yang mereka rasakan saat ini, apakah mereka merasa tertekan karena pekerjaan yang dikerjakan begitu berat. Anda sebagai pemimpin perusahaan harus terjun bukan menunggu adanya keluhan dari para staff, jika Anda menunggu berarti Anda sedang menunggu masalah-masalah besar akan timbul. Karyawan yang sedang stress membutuhkan perhatian lebih bukan hanya oleh psikiater tetapi juga perhatian dan motivasi dari seorang pemimpin, karyawan akan merasa diperhatikan oleh pemimpinnya.
Di dalam organisasi perusahaan diisi oleh berbagai macam karakter manusia, ada yang pendiam, ada yang cerewet, ada yang judes, ada yang egois dll, tetapi itulah sifat manusia, tugas Anda adalah bagaimana menyatukan kekuatan mereka dan melihat hal yang positif dan hal yang negative dari masing-masing karyawan untuk menciptakan sebuah team work yang solid. Ini tidak mudah, butuh waktu yang lama, tetapi pendekatan secara pribadi ketika makan siang atau makan malam setelah jam kerja adalah satu satu aktivitas yang wajib dijalankan oleh para pemimpin perusahaan.
Bagi perusahaan saat ini karyawan adalah asset yang luar biasa sangat berharga, kemampuan jalannya organisasi perusahaan ditentukan oleh kemampuan sumber daya manusia yang tinggi, mempunyai jiwa inovasi, menyukai tantangan, team work yang solid. Perusahaan saat ini dipandang bukan hanya sebagai tempat kerja saja yang tugasnya duduk, bekerja, lalu pulang. Perusahaan saat ini dipandang sebagai sebuah tempat petualangan untuk menghasilkan karya-karya dari ide-ide kreatif. Karya menjadi sebuah nilai yang sangat mahal, saat ini kita hidup dalam dunia kreatif, sehingga karya-karya kreatif yang diciptakan merupakan hal yang sangat penting.
Menggali potensi seorang karyawan juga membutuhkan waktu, karena kita harus mengenal segala aspek mengenai kepribadian orang itu. Kita harus belajar mengenai karakter, motivasi, kepribadian dll dari setiap karyawan. Jika kita telah mengenal diri mereka dengan baik, akan sangat mudah untuk menggali potensi mereka, Anda sebagai seorang pemimpin perusahaan harus mempunyai mindset bahwa karyawan adalah orang-orang yang kreatif dan produktif yang mampu memberikan kontribusi yang besar bagi kemajuan perusahaan. People Management memang bukan hal yang mudah untuk dijalankan, tetapi dengan menjalankannya akan lebih mudah bagi seorang pemimpin perusahaan untuk melihat potensi setiap karyawan dan dapat menciptakan peta mengenai kemampuan dari masing-masing orang. Ini memang sebuah pekerjaan yang menarik, penuh dengan tantangan, tetapi membutuhkan proses waktu yang panjang. Tapi hasilnya LUAR BIASA.

Comments

Popular posts from this blog

Penggunaan Do You Know dan Did You Know

 "Do you know" dan "Did you know" memiliki perbedaan dalam penggunaan waktu dan maksud. 1. Do you know: digunakan untuk menanyakan apakah seseorang mengetahui sesuatu saat ini atau pada waktu sekarang. Contoh: Do you know where the nearest restaurant is? (Apakah kamu tahu di mana restoran terdekat sekarang?) 2. Did you know: digunakan untuk menanyakan apakah seseorang pernah mengetahui sesuatu di masa lalu atau memberi tahu mereka sesuatu yang mungkin baru bagi mereka. Contoh: Did you know that tigers can swim? (Apakah kamu tahu bahwa harimau bisa berenang?) Intinya, "do you know" lebih berkaitan dengan situasi sekarang, sementara "did you know" sering digunakan untuk memberi informasi atau memeriksa pengetahuan yang sudah ada di masa lalu.

Personal Branding Dalam Dunia Politik

Kisah Sedekah Dalam Islam

Sedekah, atau memberikan amal, adalah tindakan mulia dalam agama Islam yang sangat dihargai dan dianjurkan. Berikut adalah beberapa kisah inspiratif tentang sedekah dalam Islam: 1. Kisah Abu Bakar As-Siddiq Abu Bakar As-Siddiq, sahabat dekat Nabi Muhammad SAW, dikenal karena kemurahan hatinya. Suatu hari, ketika Nabi meminta para sahabatnya untuk memberikan sedekah untuk membiayai perang, Abu Bakar datang dengan seluruh harta kekayaannya. Nabi bertanya, "Apa yang kau tinggalkan untuk keluargamu?" Abu Bakar menjawab, "Aku tinggalkan Allah dan Rasul-Nya untuk mereka." 2. Kisah Utsman bin Affan Utsman bin Affan, sahabat Nabi Muhammad SAW, terkenal karena kedermawanannya. Saat Madinah mengalami kelaparan, Utsman membeli sebuah sumur dari seorang Yahudi dan menyumbangkannya untuk kepentingan umat Islam. Hal ini membuat umat Islam bisa mendapatkan air bersih secara gratis. 3. Kisah Seorang Wanita Peminta-minta Dalam sebuah hadits, diceritakan tentang seorang wanita yang d...