Skip to main content

Silabus Bahasa Inggris untuk Anak-AnakKategori Anak Usia 10 Tahun Ke Atas

Silabus Bahasa Inggris untuk Anak-Anak
Kategori Anak Usia 10 Tahun Ke Atas

Penguasaan Bahasa Inggris sangat penting dari tahap awal. Anak-anak harus mulai diajarkan mengenai kosa kata dan juga bagaimana berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Belajar Bahasa Inggris sejak usia dasar adalah hal yang sangat penting karena dapat membantu anak-anak untuk belajar lebih awal dalam mempergunakan Bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari.

Semoga dengan pembelajaran Bahasa Inggris dengan metode privat ini dapat membantu para orang tua agar anak-anaknya mempunyai kemampuan yang bagus dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Rincian Waktu Pembelajaran: 3 Bulan Pertama.

Semester 1 

Minggu 1-2: Perkenalan Diri
- Kosakata: Nama, umur, hobi, keluarga.
- Keterampilan: Menulis dan berbicara tentang diri sendiri.
- Aktivitas: Kemampuan Berbicara Memperkenalkan Diri.

Minggu 3-4: Angka dan Waktu
- Kosakata: Angka 1-100, hari, bulan, jam.
- Keterampilan: Membaca dan menulis angka, menyatakan waktu.
- Aktivitas: Memahami Angka, Nama-nama Bulan dan Jam. 

Minggu 5-6: Sekolah
- Kosakata: Nama-nama benda di kelas, mata pelajaran.
- Keterampilan: Membaca, menulis, dan berbicara tentang kegiatan di sekolah.
- Aktivitas: Membuat daftar jadwal pelajaran.

Minggu 7-8: Keluarga dan Teman
- Kosakata: Anggota keluarga, teman, deskripsi fisik dan karakter.
- Keterampilan: Menulis dan berbicara tentang keluarga dan teman.
- Aktivitas: Mampu bercerita mengenai anggota keluarga.

Minggu 9-10: Makanan dan Minuman
- Kosakata: Nama-nama makanan dan minuman, ungkapan suka dan tidak suka.
- Keterampilan: Membaca menu, berbicara tentang makanan favorit.
- Aktivitas: Membuat menu restoran.

Minggu 11-12: Rumah dan Tempat Tinggal
- Kosakata: Nama-nama ruangan dan benda-benda di rumah.
- Keterampilan: Menulis dan berbicara tentang rumah dan tempat tinggal.
- Aktivitas: Menggambar denah rumah.

Minggu 13-14: Warna dan Bentuk
- Kosakata: Nama-nama warna dan bentuk.
- Keterampilan: Membaca, menulis, dan berbicara tentang warna dan bentuk.
- Aktivitas: Mewarnai gambar dengan instruksi.

Minggu 15-16: Pakaian dan Cuaca
- Kosakata: Jenis-jenis pakaian, cuaca.
- Keterampilan: Membaca, menulis, dan berbicara tentang pakaian dan cuaca.
- Aktivitas: Membuat tabel pakaian sesuai cuaca.

Semester 2 (3 Bulan Kedua).

Minggu 1-2: Hobi dan Kegiatan
- Kosakata: Nama-nama hobi dan kegiatan sehari-hari.
- Keterampilan: Menulis dan berbicara tentang hobi.
- Aktivitas: Membuat jurnal kegiatan sehari-hari.

Minggu 3-4: Lingkungan dan Alam
- Kosakata: Nama-nama benda di alam, deskripsi lingkungan.
- Keterampilan: Membaca, menulis, dan berbicara tentang lingkungan.
- Aktivitas: Menggambar pemandangan alam.

Minggu 5-6: Tempat Umum
- Kosakata: Nama-nama tempat umum (sekolah, perpustakaan, taman).
- Keterampilan: Menulis dan berbicara tentang tempat-tempat umum.
- Aktivitas: Membuat peta kota mini.

Minggu 7-8: Perasaan dan Emosi
- Kosakata: Nama-nama perasaan dan emosi (senang, sedih, marah).
- Keterampilan: Menulis dan berbicara tentang perasaan.
- Aktivitas: Membuat buku emosi.

Minggu 9-10: Hewan
- Kosakata: Nama-nama hewan, habitat, deskripsi.
- Keterampilan: Membaca, menulis, dan berbicara tentang hewan.
- Aktivitas: Membuat ensiklopedia mini hewan.

Minggu 11-12: Transportasi
- Kosakata: Nama-nama alat transportasi.
- Keterampilan: Menulis dan berbicara tentang alat transportasi.
- Aktivitas: Membuat poster transportasi favorit.

Minggu 13-14: Cerita dan Dongeng
- Kosakata: Kata-kata yang sering digunakan dalam cerita.
- Keterampilan: Membaca, menulis, dan menceritakan kembali dongeng sederhana.
- Aktivitas: Menulis dan menggambar cerita pendek.

Minggu 15-16: Penilaian dan Review
- Keterampilan: Review materi yang sudah dipelajari sepanjang tahun.
- Aktivitas: Penilaian akhir dan permainan edukatif.

SEPTO INDARTO's
WA 0877 8301 2391
Google: Septo Indarto 

Fee: @setiap pertemuan Rp 300.000 

Comments

Popular posts from this blog

Kenapa Banyak Industri Manufaktur Indonesia Bangkrut?

Semenjak Covid-19, ekonomi Indonesia berjalan sangat lambat, berbagai upaya untuk memulihkan ekonomi nasional dilakukan. Tetapi hasilnya tidak seperti diharapkan walaupun pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 5 persen pertahun tetapi kelas menengah pasca Covid-19 semakin tertekan keadaannya dan terjadi PHK massal dimana-mana. Industri manufaktur tutup. Perang Ukraina vs Rusia dan perang di kawasan Timur Tengah yang membuat harga energi menjadi mahal dan memukul ekspor membuat daya saing global Indonesia di bidang perdagangan menurun. Berbicara industri manufaktur bangkrut karena memang sejak lama industri manufaktur kita masih banyak mempertahankan mesin-mesin lama untuk memproduksi produk. Trend teknologi di industri manufaktur dunia, banyak pabrik tidak segera meng-upgrade nya dengan alasan masih layak pakai untuk dipertahankan. Ini semua memicu pengembangan inovasi produk - produk baru terhambat. Belum lagi banyak kebijakan yang tumpang tindih sehingga menyulitkan pengusaha un...

Penggunaan Do You Know dan Did You Know

 "Do you know" dan "Did you know" memiliki perbedaan dalam penggunaan waktu dan maksud. 1. Do you know: digunakan untuk menanyakan apakah seseorang mengetahui sesuatu saat ini atau pada waktu sekarang. Contoh: Do you know where the nearest restaurant is? (Apakah kamu tahu di mana restoran terdekat sekarang?) 2. Did you know: digunakan untuk menanyakan apakah seseorang pernah mengetahui sesuatu di masa lalu atau memberi tahu mereka sesuatu yang mungkin baru bagi mereka. Contoh: Did you know that tigers can swim? (Apakah kamu tahu bahwa harimau bisa berenang?) Intinya, "do you know" lebih berkaitan dengan situasi sekarang, sementara "did you know" sering digunakan untuk memberi informasi atau memeriksa pengetahuan yang sudah ada di masa lalu.

The Power of AI Changes the World.

The Power of AI Changes the World. SEPTO INDARTO's the Global Strategist 2024. China, America, England, Germany, France, India, Qatar, Taiwan are currently competing to create the most advanced AI technology in the world. These countries are not only developing programming languages but also driving the technology manufacturing industry for AI development such as the semiconductor industry. The future of the world lies in innovation in AI development for everyday life. Even India will develop AI tThe Power of AI Changes the Worldechnology for public health services for the Indian people so that all Indian residents totaling more than 1 billion have complete records of their health history and hospitals will easily recommend appropriate treatment to their patients according to health managed by AI. This is an extraordinary major progress. China through government policy will support AI technology by providing large amounts of funding and research facilities to companies that will de...