Rencana Strategi Global Tesla
oleh Septo Indarto.
Apa rencana Brand Tesla untuk menguasai pasar global?
Tesla terus mengembangkan inovasi teknologi mobil listrik menuju arah perbaikan dengan menciptakan produk dengan kualitas di atas rata-rata atau superior dari yang ada di pasaran.
Tesla akan membuat banyak pabrik atau yang dikenal sebagai Giga Factory di beberapa negara.
Negara-negara yang telah dibangun Giga Factory adalah Amerika Serikat, China, Jerman, India. Sedangkan untuk tahun 2023 adalah Korea Selatan.
Negara seperti apa yang akan dipilih oleh Tesla untuk berinvestasi?
Mempunyai kualifikasi Grade A di bidang manufaktur industri, mempunyai kualitas sumber daya manusia yang unggul, birokrasi yang sederhana, negara-negara yang mempunyai komitmen untuk menciptakan standar Green Energy Going atau penerapan energi hijau yang diimplementasikan dalam kegiatan industri.
Dimanakah Pasar Terbesar Tesla?
Pasar terbesar Tesla adalah Amerika dan China karena kedua negara tersebut mempunyai jumlah penduduk yang besar, Sedangkan pasar yang sedang tumbuh adalah pasar Asia yang memerlukan mobil listrik dalam jumlah besar.
Negara-negara mana yang akan menjadi kompetitor brand Tesla di pasar mobil listrik Global?
Ada dua negara yang menjadi kompetitor di pasar mobil listrik dunia saat ini yaitu:
1. Korea Selatan.
2. China.
Korea Selatan dalam lima tahun terakhir ini telah berhasil mengembangkan teknologi mobil listrik dengan baik dan inovasi yang cukup bagus. Korea Selatan mempunyai tiga brand global yang mampu menguasai dunia yaitu Hyundai, KIA, Daewoo.
Sedangkan China dengan berbagai kebijkan pemerintahnya selama 20 tahun terakhir juga telah berhasil mengembangkan teknologi mobil listrik dengan harga yang sangat murah di pasaran. Salah satu brand China untuk kendaraan listrik adalah BYD (Build Your Dream) yang telah berhasil untuk mengembangkan mobil listrik dan bus listrik di seluruh dunia.
Model-model Apa Yang Telah Diluncurkan oleh Tesla?
Dalam strategi marketing kita mengenal apa yang dimaksud 4P yaitu: Product, Place, Price, Promotion serta Marketing Mix dengan tujuan untuk menaikan jumlah penjualan.
Tesla mengembangkan tiga varian model yaitu Model S, Model X dan Model 3. Tesla mengembangkan konsep Marketing Mix untuk menaikan pasar mereka. Tetapi ada satu kesamaan dari ketiga model produk tersebut bahwa Tesla dapat membuat akselrasi kecepatan dari O hingga 60 Moh hanya dalam waktu tiga detik saja.
Semua model yang ditawarkan mempunyai fitur (kelengkapan) eco-friendly yang menjadi produk standar produk Tesla. Brand Tesla telah melakukan revolusi besar dalam sistem integrasi solar-power technology ke dalam Key Energy Framework untuk menciptakan produk yang lebih baik dan memberikan performa yang luar biasa.
SEPTO INDARTO The Global Strategist Analysist For HR Business Leadership WA 62 877 8301 2391.
Comments
Post a Comment